Jepitan Korek Van Nelle

Author: Kedai Barang Antik / Labels: ,

J.Van Nelle's Shag Tabak...

Kesederhanaan pencitraan memang masih kuat, baik lewat pengolahan bahasa visual maupun bahasa teks. Ditilik dari mereknya terlihat upaya untuk melakukan “pribumisasi” dari produk yang datang dari Barat itumengandung sebuah konsep komunikasi, menjadi alat promosi untuk menarik perhatian pembeli.

Seri promosi kaleng kuningan penjepit korek tembakau merk Van Nelle yang mempunyai ukuran P.6 cm x L.4 cm ini dengan motto sama: Tembaco Van Nelle - Njang Paling Baik dalam kondisi baru (NOS - New Old Stock)

Koleksi ini bahkan sudah hadir sejak negara ini masih berada di bawah pendudukan Belanda dan masih bernama Hindia Belanda, Nederlands Indie. Sudah jarang khan melihat jepitan korek reklame yang semacam ini ?? SOLD OUT

Patung Kilin Kuno

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Kilin, Mitos Peruntungan...

Keberadaan Kilin sebagai bagian dari budaya Tionghoa sangat penting. Itu sangat berhubungan erat dengan kepercayaan. Menurut masyarakat etnik China, Kilin adalah mahluk yang melambangkan nasib baik, kebesaran hati, panjang umur dan kebijaksanaan.

Patung Kilin dengan nuansa lawas ukuran P.14,5 cm x T.11,5 cm ini memiliki tampilan yang dibiarkan apa adanya. Ia mewakili budaya dan tradisi masa lampau yang kental dengan gaya hidup saat itu; yang bersahaja. Bagi orang yang percaya fengshui, patung Kilin yang dipercaya mampu menjaga peruntungan bisnis seseorang. Tertarik ??

Piring Antik China

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Piring Antik Dekorasi Ruangan...

Keberadaan keramik-keramik Cina antik dan kuno di Indonesia tidak lepas dari perdagangan masa lalu. Langsung melalui pedagang Cina yang singgah di Nusantara atau melalui keberadaan VOC di Batavia.

Secara kaitan sosial gambar ikan dapat dikatakan sebagai akulturasi budaya Tionghoa dan mengganggap bahwa ikan dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki banyak mitos. Merupakan lambang keberhasilan dalam mencapai tujuan (kelimpahan berkat kasih yang menghidupkan). Usia dan desain antiknya, menjadi daya pikat tersendiri.

Bagi peminat hunian klasik oriental, piring kuno Dinasty Qing dengan diameter 26 cm ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai penghias interior rumah. Tentu barang lama yang secara kualitas jelas tidak diproduksi sembarangan. Kita bukan hanya menikmati aspek estetika melainkan juga nilai arkeologisnya.

Besi Konsol Kuno

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Konsol Besi Heritage...

Nuansa keindahan tak hanya datang dari motif modern, ternyata sentuhan motif kuno juga bisa menghadirkan citra mewah tersendiri. Dulu, tatkala teknologi belum semaju sekarang ini, konsol konstruksi penyangga terbuat dari besi ini banyak digunakan oleh kantor-kantor pemerintahan era kolonial.

Meskipun demikian, konstruksi kolom penyangga emplasemen yang terbuat dari besi ini mempunyai ukuran P.23 cm x L.16,5 cm menunjukkan adanya sisa dari bangunan lama yang menjadi ciri konstruksi yang dibangun pemerintah Hindia Belanda.

Bernostalgia ke zaman kolonial menjadi sangat berarti bagi sebagian orang. Namun beberapa orang kreatif dan desainer aksesori rumah memunculkan kembali konsol besi semacam ini, kreasikan sesuai dengan keinginan anda. Berminat ?? SOLD OUT

Teko Tempat Air

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Teko Tempat Air

Kini teko tempat air jenis ini tentu saja sudah jarang kita temui. Daerah-daerah yang pernah makmur pada jaman kolonial Belanda atau yang menjadi pusat kependudukan di jaman VOC. Banyak didapatkan teko air seperti ini walau biasanya sering tidak lengkap atau rusak.

Letakkan saja teko tempat air yang mempunyai ukuran T.30 cm dan diameter 20 cm ini di meja sudut, coffee table, dll. Dengan penempatan yang pas, motif dan desain yang klasik dengan model yang berkembang pada masa kolonial, menimbulkan suasana nyaman dan romantik membuat teko air kuno ini menarik hati bagi siapa saja yang melihatnya. Mau ?? SOLD OUT

Lampu Gunungan Wayang

Author: Kedai Barang Antik / Labels: ,

Lampu Etnik Nan Eksotik...

Pewayangan merupakan warisan dunia milik Indonesia yang mengagumkan dan salah satu budaya yang sudah terkenal sejak zaman dulu, jauh sebelum peradaban manusia berkembang secara modern.

Bagi orang yang tidak terlalu mengerti pewayangan, munculnya gunungan wayang yang selalu ada di setiap pertunjukan wayang selalu menimbulkan pertanyaan. Rupanya, kemunculan gunungan wayang di setiap akhir pertunjukan wayang bukan tanpa alasan.

Gunungan wayang tersebut memiliki filosofi kehidupan yang sangat dalam. Bentuknya yang seperti gunung melambangkan sebuah kebesaran ciptaan Tuhan, keadaan tenang juga sejuk. Menarik juga untuk dicermati bahwa ukiran tembaga dibuat secara detail, seimbang, sangat lokal dan mengundang decak kagum.

Koleksi ini mempunyai ukuran T.42 cm x L.25 cm mengadopsi lampu blencong menciptakan sinergi unik untuk menarik perhatian. Visual yang tampak di dalam gapura gunungan ini ada logo merek rokok Gudang Garam yang nampaknya bertalian dengan tanda status sosial.

Fungsinya pun tak hanya untuk penerang, namun sebagai aksesori atau pajangan ruangan. Apalagi cahaya yang dikeluarkan dari lampu dinding gunungan ini membawa sensasi tersendiri. Suasana yang dihadirkan mampu mengobati stres setelah seharian bekerja. Ini akan memberikan semangat baru ke dalam diri anda, apalagi saat anda sedang penat. Berminat ?? SOLD OUT

Etalase Pajangan Rokok

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Sentuhan Etalase Rokok Sebagai Interior...
Secara kaitan sosial kebanyakan para pedagang warung rokok pada masa lampau lebih suka memajang rokok pada sebuah rak lemari etalase kayu yang banyak digunakan sebagai inovasi teknik pemasaran. Tapi, sungguh, ketika pertama melihatnya saya seperti terlempar ke masa silam !

Jika dicermati lemari etalase kayu ini merupakan desain etalase model lama. Ilustrasi desain gambar beberapa rokok kretek menunjukkkan bahwa produk ini memang ditujukan untuk kalangan bawah (yang mempunyai target market rakyat menengah biasa). Yah, itulah romantisme masa lalu...mengingatkan pada masa kita masih penuh dengan kesederhanaan...

Etalase rokok dari masa lampau ini boleh saja dilupakan tapi pesonanya ternyata tetap menggoda. Di dalam etalase kayu tampak berjejer 47 bungkus rokok kretek asli Indonesia, material lemari etalase terbuat dari kaca dan kayu jati yang mempunyai ukuran P.50 cm x L.28 cm x T.32 cm ini sungguh memikat !

Memang ada unsur ketertarikan seseorang untuk membeli rokok kretek tertentu akibat membaca atau melihat pajangan bungkus rokok kretek di pasaran. Sekarang keputusan membeli sebungkus rokok lebih banyak ditentukan pada saat konsumen berada di toko atau warung. Usia lemari etalase pajangan rokok ini jauh lebih tua dari usia anda. Ini membuatnya semakin menarik dan sukses sebagai daya pikat. Berminat ??
SOLD OUT

Oriental Vintage Gold Weight Scale

Author: Kedai Barang Antik / Labels: ,

Perjalanan Panjang Verkooper Tjina...

Pada periode tahun 1930-an, sebagian besar etnis China bekas kuli berganti peran menjadi pedagang dan usahawan dalam perdagangan kecil-kecilan atau industri berskala kecil yang menyisihkan para pedagang dan usahawan kecil pribumi.

Perilaku ekonomi etnis China tahun 1930-an tersebut mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kebudayaan lokal. Demikian juga munculnya dominasi dalam perdagangan eceran oleh etnis China, pada tingkat yang lebih rendah daripada Belanda, verkooper alias toekang-djoeal...

Profesi ini diikuti pula oleh peran sebagai tengkulak (taoke) dan penjaja keliling kecil-kecilan, sedangkan pribumi sebagian besar masih berkutat di bidang agraria dan dinas-dinas pemerintah Hindia Belanda.

Koleksi timbangan emas masa lampau yang mempunyai ukuran P.31 cm ini menjadi saksi peranan orang-orang China ini dalam perekonomian Hindia-Belanda. Sedangkan budaya " Pecinan " nya memperkaya keunikan khasanah budaya Indonesia. Koleksi ini termasuk barang yang paling dicari dan yang layak dikoleksi. Mau ?? SOLD OUT