Standart Pot Tiongkok

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Standart Pot Tiongkok ca.1910

Budaya Tionghoa Peranakan adalah produk asimilasi, akulturasi dan proses hibrida panjang selama berabad-abad antara budaya pendatang Tionghoa dari Tiongkok, penduduk setempat dan Belanda yang saat itu berkuasa di Nusantara.

Pengaruh produk budaya Peranakan Tionghoa mencakup aspek arsitektur interior rumah tinggal, jejak akulturasi dan hibrida itu masih bisa dilihat melalui koleksi standart pot porselen berglasir hijau, merupakan jejak sejarah yang merekam bentuk eksotisme nilai paduan gaya tradisional Tionghoa di bumi Nusantara pada masa kolonialisme.

Ukuran tinggi standing : 52, 5 cm
Ukuran tinggi pot : 22,5 cm
Ukuran tinggi keseluruhan : 75 cm
Diameter top standing : 31 cm
Diameter top pot hexagonal : 36 cm

Nuansa keindahan tak hanya datang dari motif modern, ternyata sentuhan motif kuno juga bisa menghadirkan citra mewah tersendiri pada sebuah koleksi. Usia dan desain antiknya, menjadi daya pikat tersendiri menggambarkan situasi masa lalu yang sangat mewah dengan idiom budaya Tiongkok.

Dengan menghadirkan home decoration atau pernak-pernik seperti ini, suasana rumah bisa lebih terasa sejuk, teduh enak dilihat. Kini standar pot porselen Tiongkok jenis ini tentu saja sudah jarang kita temui, ini adalah koleksi yang laris di berbagai pasar antik tanah air. Tertarik memilikinya ?? SOLD OUT

Batik Pesisiran (Batang)

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Sarung Batik Tua Jumbo (Pesanan Khusus)...

Penggunaan warna-warna alami untuk batik sudah dilakukan oleh pembatik Jawa sejak dahulu. Batik kuno jika terpelihara dengan baik, tampilannya tak kalah dengan batik modern saat ini. Sifat batik sebagai hasil industri membutuhkan kecermatan, kehalusan, dan keindahan. Itulah yang membedakan karya-karya batik kuno, atau yang biasa disebut dengan batik lawasan dari batik biasa.

Batik pesisiran (Batang) ini mempunyai ciri sama seperti batik Pekalongan, karena letaknya cuma 8 km dari Pekalongan akan tetapi batik dari kota Batang warna-warnanya lebih kelam dan latarnya berwarna kopi susu.

Setiap goresan, bentuk dan motif merupakan suatu rangkuman dari pesan dan filosofi dari budaya, kepercayaan dan pemikiran yang mendalam karena kain sarung ini yang dipesan secara khusus dengan ukuran yang sangat jumbo sekitar 120 cm x 120 cm sebagai gaya hidup yang serba mewah karena dianggap bisa dijadikan sebagai simbol status dan keagungan. Tertarik memilikinya ??

Antique Chinese Tray

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Nampan Tionghoa Masa Lampau...

Bagi anda kalangan pecinta koleksi peninggalan China Peranakan, atau mereka yang mampu mengapresiasi keindahan pernik Tionghoa tempo doeloe. Dengan penempatan yang pas, kotak antik ini bisa tampil prima di tengah ruangan anda dan juga berfungsi sebagai pelengkap interior ruangan yang bersifat dekoratif.

Gaya oriental juga penuh dengan makna dan simbolisasi, kelangkaannya yang bikin bernilai. Aksesoris China Peranakan masa lalu ini memperkuat kesan oriental dan terlihat glamour. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa koleksi ini memang ditujukan untuk masyarakat kalangan menengah ke atas yang tampaknya sudah ada pada tahun 1920-an.

Sayangnya, keberadaan perabotan nampan Tionghoa bahan perunggu yang mempunyai ukuran P.35 cm x L.13,5 cm bernuansa masa lampau itu kini terbilang langka dan susah ditemukan. Jika dicermati, tekstur dan kerapian pengerjaan yang dihasilkan sangat luar biasa. Usia dan desain antiknya, menjadi daya pikat tersendiri. Tertarik memilikinya ??

Kotak Perhiasan China

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Kotak Perhiasan China Peranakan

Di kalangan istri pembesar (Luitenant der Chineezen), kelengkapan perabotan yang digunakan berbeda dari rakyat biasa. Kerumitan membuat sebuah kotak perhiasan China Peranakan yang mempunyai ukuran P.5,5 cm x L.4 cm x T.4 cm dengan kesempurnaan pengerjaan yang dipesan secara khusus sebagai gaya hidup yang serba mewah karena dianggap bisa dijadikan sebagai simbol status dan keagungan.

Koleksi ini merupakan jejak sejarah yang merekam bentuk eksotisme nilai paduan gaya tradisional Tionghoa di bumi Nusantara pada masa kolonialisme. Menggambarkan situasi masa lalu yang sangat mewah dengan idiom budaya Tiongkok yang menarik diamati, tetapi juga semangat zaman yang dipancarkan oleh koleksi kotak perhiasan China Peranakan tersebut. Mau ?? SOLD OUT

Meteran Saku Enamel

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Meteran Enamel China Peranakan

Anda akan langsung merasakan kehangatan dan nostalgia era lama pada sebuah koleksi meteran enamel bergaya China Peranakan yang menampilkan bentuk-bentuk motif mitologi China, turut menghidupkan romansa.

Pengaruh Tionghoa dapat juga terlihat pada penggunaan motif dan ragam aplikasi warnanya yang mempunyai ukuran diameter 3,5 centimeter. Kita bukan hanya menikmati aspek arkeologisnya, namun juga menciptakan sinergi unik untuk menarik perhatian.

Bukan sekadar keindahan perpaduan dan komposisi ragam hias serta permainan warna enamel yang menarik diamati, tetapi juga semangat zaman yang dipancarkan oleh koleksi meteran China Peranakan tersebut. Mau ??

Vintage Torch Bakelite

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

FLASHLIGHT LANTERN BATTERY VINTAGE TORCH

Apalagi jika barang atau benda tersebut memiliki nilai tinggi. Kenangan dan nilai tersebutlah yang memberi inspirasi bagi para kolektor.

Pernak pernik lama selalu mengundang perhatian karena bentuknya yang unik. Beberapa diantara pernak pernik itu adalah lampu senter bakelite, yang mempunyai ukuran P.14 cm x L.9,5 cm x T.19 cm ini memang terlihat kuno.

Barang unik ini sudah memiliki teknologi kaca cembung menghadap ke depan, tentu barang lama yang secara kualitas jelas tidak diproduksi sembarangan. Balutan warna coklat tua pada bakelite memberi gairah baru pada suasana tempo doeloe.

Nostalgia pun jadi lebih indah berbalut kesegaran masa kini. Dari segi tampilan, benda lawas kental dengan warna warna mempesona. Tak kalah menarik dengan warna barang modern. Nuansa nostalgia pun terasa begitu kuat. Makin unik makin menarik.

Antique Bottle

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Mc Callum's Perfection Scots Whisky Vintage Bottle
Usia dan desain antiknya, menjadi daya pikat tersendiri. Tapi sungguh, ketika pertama melihatnya saya seperti terlempar ke masa silam. Bukan tidak mungkin produk ini masuk ke tanah air kita yang pada waktu itu dijajah bangsa kolonial selam 250 tahun lamanya.

Kini, setelah botol semacam ini tidak lagi diproduksi, justru banyak orang memburunya. Tentu barang lama yang secara kualitas jelas tidak diproduksi sembarangan. Cantik dan berkarakter atas dasar inilah botol kaca hijau ini menjadi barang yang paling diminati kolektor. Pada bagian tutup botol terdapat tulisan timbul "Mc Callum's Scots Whisky - Patented 1930 " yang mempunyai ukuran tinggi 25 centimeter.

Bagi anda penghobi botol unik peninggalan zaman Belanda, koleksi ini masih cantik untuk ditampilkan sebagai pajangan interior. Letakan berjajar rapi memanjang, menjadi "point of interest" di sudut ruang, nuansa nostalgia pun terasa begitu kuat ruangan jadi terlihat "chic". Tertarik memilikinya ?? SOLD OUT

Reklame Socony Gasoline

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Reklame Enamel: SOCONY GASOLINE

Reklame enamel Socony pertama kali diproduksi tahun 1911, namun saat tahun 1920, Socony berubah nama dari Minjak Oil menjadi Mobil Oil. Kemudian Socony sudah tidak beroperasi lagi atau sudah tidak memilki kantor di Indonesia. Dalam perkembangan yang saya baca, Socony berubah nama lagi menjadi Exxon Mobile.

Iklan enamel memiliki ketebalan 2-3 milimeter, dengan karakteristik warna yang sangat kuat serta tahan lama. Pada banyak iklan enamel, warna pada desain ditandai dengan adanya tekstur yang menonjol dan jika dipegang atau diraba akan terasa pembedaan warnanya.

Iklan enamel dengan penempatan pada tiang dilakukan untuk mengoptimalisasi ruang karena memiliki dua sisi atau bolak-balik, umumnya tiap sisi memiliki kesamaan bentuk visual. Reklame enamel SELLING AGENT SOCONY dua sisi dengan ukuran P.60 cm x L.46 cm ini merupakan barang langka, bagi anda penghobi pernik otomotif reklame enamel kuno ini bisa menjadi pilihan salah satu koleksi anda.

Gaya desain dari enamel Socony ini sedikit mengarah gaya de-Stijl karena bentuknya kaku, hurufnya juga kaku, dan warna-warna di dalamnya mengacu pada warna aliran de-Stijl, yaitu ada merah, biru dan putih. Berminat ? SOLD OUT

Lampu Semprong Mungil

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Uniknya Lampu Semprong Mini...

Ada yang istimewa dengan alat penerangan lampu teplok atau semprong. Begitulah sebutannya, karena pada tutup lampu, bagian atasnya mirip seperti kue semprong. Selain kaca nya yang berwarna hijau, ukuran nya juga sangat kecil (tinggi keseluruhan 11,5 cm x diameter 3,5 cm) Mungkin jarang sekali ditemui dengan ukuran semprong kaca yang sekecil ini.

Tampilan nya yang minimalis, membuat lampu semprong ini punya keunikan yang tak tergantikan. Pesonanya ternyata tetap menggoda, pernik lampu minyak masa lampau kini banyak diburu kolektor. Sudah jarang khan melihat "lampu senthir super mini" yang semacam ini ??