Iklan Enamel BAND SPEDA

Author: Kedai Barang Antik / Labels:


DUNLOP Termashoer Sedari Tahoen 1888...

Ini merek top, sebuah pabrik pembuatan Ban Speda "DUNLOP". Reklame enamel kuno ini secara visual ilustrasi kemasan bergaya vintage cukup sukses sebagai daya pikat. Istimewa ! Dengan ilustrasi ‘keeksotisan’ alam Hindia Belanda, seperti gambar gunung berapi, lembah, dan pantai.

Tapi, sungguh, ketika pertama melihatnya saya seperti terlempar ke masa silam. Dibuat pada era Dutch East Indies dekade 1930-an yang terlihat pada tulisan "Nederland Indie Fabrikaat" diiringi dengan deskripsi singkat " Termashoer Sedari Tahoen 1888"
Iklan atau reklame adalah pesan persuasif kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan melalui suatu media. Iklan enamel dengan penempatan pada tiang dilakukan untuk mengoptimalisasi ruang karena memiliki dua sisi atau bolak-balik, umumnya tiap sisi memiliki kesamaan bentuk visual.

Tidak hanya sekedar reklame, desain iklan ban sepeda tersebut menampilkan keelokan alam Indonesia, yang pada masa itu terkenal dengan istilah "Mooi Indie" atau "Hindia Molek". Gaya lukisan "Mooi Indie" adalah gaya yang dipakai pelukis Belanda pada masa lalu, yang kagum pada kemolekan alam Indonesia. Mereka menampilkan lanskap dengan pakem visual berupa gunung dan hamparan sawah sebagai unsur utama.

Kelangkaan barang membuat para kolektor berlomba untuk mencari "harta mewah" ini. Reklame enamel yang mempunyai 2 sisi bolak-balik ini mempunyai ukuran diameter 60 cm. Tertarik memilikinya ?? SOLD OUT

Reklame Enamel KAKAO SCHOKOLADE BERGER

Author: Kedai Barang Antik / Labels:


Coklat Sebagai Simbol Status Sosial... 

Pada masa lampau menyajikan kakao pada acara-acara perayaan adalah salah satu strategi yang digunakan oleh keluarga golongan atas untuk memantapkan kedudukan mereka, untuk menunjukkan status sosial. Kakao sendiri merupakan produk konsumsi yang menjadi salah satu bagian gaya hidup masyarakat.

Bubuk coklat kelas premium seperti KAKAO SCHOKOLADE - BERGER ini sekarang sudah mulai hilang dari peredaran dan sekarang sudah jarang ditemui. Obyek visual gambar sangat berkarakter yaitu seorang anak kecil dengan mantel Santa Claus...Istimewa !

Reklame enamel cembung ini mempunyai ukuran P.40 cm x L.30 cm masih cantik untuk ditampilkan sebagai koleksi yang unik. Di dalamnya merepresentasikan nilai kreativitas dan terkandung berbagai unsur estetika, seperti: komposisi, warna, tipografi, ilustrasi, dan lainnya

Daripada hanya disimpan, mengapa tidak memanfaatkannya sebagai hiasan dinding rumah atau pajangan interior cafe atau resto tempo doeloe. Tak hanya berfungsi memperindah ruangan, tampilan reklame enamel bisa juga  menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan ruangan anda. Reklame enamel yang di pajang di dinding sanggup menghidupkan suasana dalam ruangan sesuai dengan keinginan anda. Mau ?? SOLD OUT

Plakat Etika Kuno

Author: Kedai Barang Antik / Labels:


Kesederhanaan Pencitraan Normatif...

Yang menggugah rasa ingin tahu adalah bagaimana plakat itu dibuat tapi desainnya secara khusus disesuaikan dengan kondisi kearifan lokal. Memperlihatkan kesederhanaan teknik desain grafis pada masa lalu, tapi juga mencerminkan kesederhanaan gaya hidup dan cara berpikir masyarakat tempo doeloe.

Simpel dan kuat desainnya, dapat dilihat dari penataan gambar dan tipografi huruf yang seimbang dan memiliki kerterbacaan yang jelas. Sayangnya, keberadaan plakat bernuansa masa lampau itu kini terbilang langka dan susah ditemukan.

Gaya desain dari plakat dalam bentuk secara visual terpengaruh “Hollandsch denken en Hollandsch inzicht” (berfikir dan berpandangan ala Belanda) :

DIHARAP DENGAN HORMAT AGAR PARA TETAMU SUKA MEMBUKA TOPINJA

Kesederhanaan pencitraan memang masih kuat, baik lewat pengolahan bahasa visual maupun bahasa teks yang mempunyai ukuran P.44 cm x L.16 cm ini ditilik dari bahasa yang masih mewarnai kehidupan masyarakat era kolonial terlihat upaya untuk melakukan "pribumisasi" pesan tekstual dalam kehidupan sosial masyarakat pada masa itu. Berminat ? SOLD OUT

Lampu Minyak Antik

Author: Kedai Barang Antik / Labels:


Lampu Minyak Motif Jago

Pernak pernik lama selalu mengundang perhatian karena bentuknya yang unik, bentuk lampu minyak motif jago dengan model yang berkembang pada masa kolonial. Nuansa keindahan tak hanya datang dari motif modern, ternyata sentuhan motif kuno juga bisa menghadirkan citra mewah tersendiri pada sebuah hunian.

Lampu gantung minyak antik ini misalnya, motif dan desain yang unik membawa kesan eksotis dan mewah tersendiri bagi pemiliknya. Bagi peminat hunian klasik atau etnik, lampu minyak gantung motif jago ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai penghias interior atau eksterior rumah.

Rangka besi lampu ini juga bisa ditempelkan pada dinding, karena ada lubang pada rangka besinya. Menyesuaikan fungsi tempat pada aplikasi interior dan eksterior rumah anda. Berminat ?? SOLD OUT

Kamera Antik Zeiss Ikon

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Jejak Rekam Fotografi Indonesia...

Seperti gambar yang diabadikannya, nilai beberapa jenis kamera foto juga tak lekang oleh waktu. Meski kamera digital terus bermunculan, kamera antik lawas tetap eksis. Investasi yang tak sengaja ditanam saat menekuni hobi koleksi pernak pernik fotografi ini,ternyata bisa mendatangkan keuntungan.

Menekuni hobi fotografi tak hanya mendatangkan keasyikan. Meski begitu, di zaman yang serba canggih saat ini, kamera lawas atau jadoel tak pernah kehilangan pesonanya. Bahkan kini, nilai kamera berikut beragam lensanya itu bisa naik berlipat-lipat dan mendatangkan untung bagi kolektornya. Namun, seiring datangnya era digital, banyak orang yang memburu kamera antik sebagai barang koleksi. Ada pula yang menyimpannya sesaat, lalu dijual lagi saat harga naik.

Beberapa jenis merek kamera atau lensa yang bisa mendatangkan untuk investasi jangka panjang salah satunya adalah merek Zeiss Ikon - Made in Germany ini mempunyai ukuran P.15 cm x L.10 cm yang dahulu sempat prominen di masanya.

Tak sekedar pajangan, barang ini menyimpan banyak cerita tentang budaya kronologi perkembangan proses fotografi di Indonesia, tetapi juga semangat zaman yang dipancarkan koleksi kamera antik tersebut. Berminat ?? SOLD OUT

Plakat Etika Kuno

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Kesederhanaan Pencitraan Normatif...

Yang menggugah rasa ingin tahu adalah bagaimana plakat itu dibuat tapi desainnya secara khusus disesuaikan dengan kondisi kearifan lokal. Memperlihatkan kesederhanaan teknik desain grafis pada masa lalu, tapi juga mencerminkan kesederhanaan gaya hidup dan cara berpikir masyarakat tempo doeloe.

Simpel dan kuat desainnya, dapat dilihat dari penataan gambar dan tipografi huruf yang seimbang dan memiliki kerterbacaan yang jelas. Sayangnya, keberadaan plakat bernuansa masa lampau itu kini terbilang langka dan susah ditemukan.

Gaya desain dari plakat dalam bentuk secara visual terpengaruh “Hollandsch denken en Hollandsch inzicht” (berfikir dan berpandangan ala Belanda) :

Berhubung Suatu Hal. Diminta Dengan Hormat Dan Sangat Sudilah Kiranja Para Tamu "Tidak Minum Rokok" Disini, Jang Merupakan Ber-Matjem2 Rokok Putih. Terimakasih.

Kesederhanaan pencitraan memang masih kuat, baik lewat pengolahan bahasa visual maupun bahasa teks yang mempunyai ukuran P.38 cm x L.13,5 cm ini Ditilik dari bahasa yang masih mewarnai kehidupan masyarakat era kolonial terlihat upaya untuk melakukan "pribumisasi" pesan tekstual dalam kehidupan sosial masyarakat pada masa itu. Berminat ? SOLD OUT

Setrika Antik

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Setrika Antik Hydrocarbon (Ca.1913)

Setrika tersebut sekarang sudah jarang ditemui, mempunyai ukuran P.19 cm x L.9 cm x T.17 cm, setrika kelas premium itu sekarang sudah dapat dipastikan hilang dari peredaran. Koleksi ini memiliki latar belakang historis yang dipengaruhi oleh budaya Eropa masa lampau.

Cara pemakaian setrika jenis ini sangat menarik dan langka, sistem pemanas menggunakan bahan kimia Hydrocarbon gambungan senyawa Hydrogen dan Carbon. Setrika antik ini mempunyai detail yang unik dan selain tampilannya sangat menggoda mata juga memiliki fungsi tersendiri. Sudah jarang khan melihat setrika tua ala Nyonyah dan Meneer Belanda yang semacam ini ?? SOLD OUT

Sikat Jas Motif Art Nouveau

Author: Kedai Barang Antik / Labels: ,

Eksotika Hindia Belanda...

Pernak-pernik bergaya Eropa ini bisa mengisi rumah bergaya apa saja. Ada roh yang terpancar dari koleksi barang antik. Unsur lawas dan pesonanya memiliki "jiwa". Bukan roh yang dicari. Kelangkaannya yang bikin bernilai.

Bukan sekadar keindahan perpaduan dan komposisi ragam hias serta kualitas bahan perak yang menarik diamati, tetapi juga semangat zaman yang dipancarkan koleksi tersebut. Sementara motif bidadari khas Eropa menghiasi ornamen barang-barang rumah tangga yang terbuat dari perak dengan ukuran panjang 10,5 centimeter ini. Tentu barang lama yang secara kualitas jelas tidak diproduksi sembarangan.

Cantik dan berkarakter atas dasar inilah sikat tempo doeloe motif Eropa ini menjadi barang yang paling diminati kolektor, sekaligus mengekspresikan kemapanan pemilik. Gaya hidup yang serba mewah karena dianggap bisa dijadikan sebagai simbol status dan keagungan. Berminat memilikinya ?? SOLD OUT

Cameo Brooch Antique

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Koleksi Indische Empire Stijl...

Gambar Seorang wanita muda itu diukir dengan sangat rinci ke dalam Shell Cameo ini adalah sebuah bros cantik. Dibingkai dalam emas 14ct dengan pola tertutup oleh dedaunan, bagian ini merupakan contoh klasik dari gaya Art Nouveau, gerakan artistik global yang mencapai puncaknya sekitar pergantian abad ke-20 dan ditandai bentuk-bentuk ukiran yang dibuat dari hasil stilasi bentuk alami tersebut dimasukkan sebagai hiasan dengan gaya bentuk sulur-suluran.

Jika dicermati corak tekstur dan desain rangka ornamen yang mempunyai ukuran diameter 5 cm ini bergaya Indische Empire Stijl namun kaya akan unsur dekoratif. Nilai-nilai budaya yang berlaku pada zaman itu ditampilkan lewat kualitas bahan dan detail tekstur pengerjaannya, namun juga menciptakan sinergi unik untuk menarik perhatian. Berminat memilikinya ??

Botol Kaca BOLS

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Simbol Pemanjaan Hedonistis...

Produk yang tampaknya sudah lama ada sejak jaman Dutch East Indies ini sangat jarang ditemui. Meski dianggap kotor dan ketinggalan zaman, namun pesona botol BOLS buatan tahun 1910-an dengan ukuran T.25 cm ini sungguh memikat hati.

Selain jadi koleksi, sebagai ornamen dan properti cafe, restoran atau toko yang berdisain jaman dulu. Jika kita melihat dalam situs, Ebay, botol-botol antik tidak berfungsi sebagai pajangan saja tapi juga barang antik yang layak dikoleksi dan investasi. Harganya pun relatif menarik. Tertarik memilikinya ? SOLD OUT