Iklan Enamel ROKO PRIJAJI - SIGARET

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Produk periklanan masa lalu itu menggunakan gaya visualisasi seni lukis yang tengah berlangsung saat itu, yakni gaya Mooi Indie. Desainnya secara khusus disesuaikan dengan kondisi kearifan lokal. Memperlihatkan kesederhanaan teknik desain grafis pada masa lalu. 

Bahan plat baja dan enamel dipilih sebagai media beriklan karena kuat dan tahan terhadap segala kondisi cuaca, reklame jenis ini sangat cocok diaplikasikan di negara tropis yang memiliki ketidakteraturan cuaca seperti Indonesia.

Tak ada yang keberatan, tak ada pula yang menduga bahwa di kemudian hari, rokok sigaret dengan gambar Priyayi sebagai visual utamanya ini melegenda.


Hedonisme Dalam Potret Iklan Enamel...

Gaya desain grafis Indies berkembang di masa kolonial Hindia Belanda dan mengalami puncak perkembangan artistiknya di tahun 1930-an.

Pada saat kelas priyayi menegaskan dirinya melalui simbol-simbol tertentu (Roko Prijaji), pada saat yang sama kelas bawah berusaha menjadi priyayi dengan mengonsumsi rokok sang priyayi tersebut, seolah sudah seperti priyayi.

Di sinilah hebatnya iklan enamel  Roko Prijaji  yang mempunyai ukuran P.78 cm x L.47 cm ini bahwa dia mampu menyediakan proses to become somebody else.
 

Proses inilah yang dinamakan alienasi. Melalui priyayi, rokok (seolah) memperoleh tempat sebagai produk berkelas (high culture).

Terlepas dari segala tafsir sosiokulturalnya, karya iklan " Roko Prijaji - Sigaret " ini telah mampu meninggalkan jejaknya sebagai suatu masterpiece dalam perancangan dunia desain grafis yang berkembang di Indonesia masa lalu (Hindia Belanda), dan mendapatkan predikatnya sebagai bentuk gaya
desain grafis yang khas Indonesia. Tertarik memilikinya ?? SOLD OUT

Meja Knap Medallion

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Perabotan bergaya Medallion termasuk jenis yang paling terkenal dari perabot kolonial awal abad ke-20. 
Alas meja menggunakan marmer doff bundar berwarna abu-abu merupakan pengaruh dari gaya The Dutch Colonial.
Biasanya dimimiliki oleh pejabat pemerintahan atau asisten residen pada masa kolonial. 
Dalam perjalanan waktu gaya perabotan seperti ini perlahan mulai jarang ditemui.
Karakternya dianggap sempurna, maturity, bertahan lama dan klasik. 
Meja mempunyai struktur permukaan datar dan dasar yang terdiri dari 4 kaki bergaya Perancis abad pertengahan sebagai penopangnya.
Pola geometris atau bunga ornamen sebuah sintesis dari budaya Timur dan Eropa.


Meja Medallion : Perabot Asisten Residen Masa Lalu...

Ada yang istimewa dengan koleksi sebuah meja kenap era kolonial yang mempunyai ukuran T.70 cm dan diameter alas marmer 50 cm ini.

Secara keseluruhan bentuk bidang konstruksi bundar meja, lengkungan kaki meja dan ukiran motif organik yang cukup rumit ini sangat kental nuansa kolonial.


Dilihat dari segi visual, terdapat kesesuaian dengan model mebel di Perancis pada jaman Louis XIV. Mengingat Perancis pernah berkuasa di Jawa dan Daendels sebagai seorang Gubernur Jenderal yang mewakili pemerintahan Napoleon di Jawa.


Di masa ini diterapkan tata cara baru yaitu mengharuskan pihak keraton menyediakan perlengkapan permebelan bagi Residen atau para pembesar Belanda yang bertamu. Bukti yang mendukung kemungkinan tersebut adalah adanya jenis mebel yang menurut sebutan di Jawa dinamakan kursi "medallion".

Prinsip dasar model Perancis adalah merubah bentuk kaku dan garis lurus, menjadi bentuk yang lembut atau luwes. Gayanya yang rumit, namun terkadang menyimpan makna tinggi bagi setiap orang yang melihatnya.
SOLD OUT

Church Art Glass

Author: Kedai Barang Antik / Labels:

Dahulu kaca hias ini hanya ditemukan di jendela-jendela gereja, dan motif yang dibuat pun berhubungan dengan kisah-kisah di Alkitab.
Memang kaca warna ini sejak dibuat telah mempesona dan terbukti memberi keindahan, menimbulkan perasaan yang khusyuk, damai kepada umatnya.
Keindahan unik dari seni kaca kuno ini bisa menambah aksen dan menghidupkan suasana ruang interior anda.
Paduan warna-warna indah memberi kesan lebih religius dengan efek cahaya, baik itu dari cahaya alam (matahari) maupun dari sinar lampu.


Cahaya Yang Menari....

Kaca patri religius dengan motif "Bunda Maria" yang mempunyai ukuran P.133 cm x L.73,5 cm biasanya banyak diaplikasikan pada rumah-rumah ibadah, kesan yang di timbulkan pada motif kaca dan pancaran warna-warni kaca membuat suasana peribadatan menjadi lebih khidmat, Agung, damai dan kian sakral.

Desain kaca warna gereja sangat beragam tergantung dari tema dan gaya arsitektur bangunan gerejanya, ada beberapa bentuk desain kaca patri dan motif kaca patri gereja yang dikenal antara lain Bunda Maria, Yesus di Salib, Jalan Salib, Penginjil, Alkitab, Burung Merpati, Perjamuan, Pembabtisan, Gothic dan lain sebagainya.

Coba saja bandingkan, rumah yang menggunakan ornamen kaca, seperti art glass, stained glass, kaca patri dan sebagainya akan memberi kesan rumah mewah yang eksklusif dan mahal bagi penghuninya. Tertarik memilikinya ??